Kenapa Hp Saya Tidak Bisa Menyimpan Screenshot Inilah 4 Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Secara umum ketika kalian melakukan screenshot tentu akan tersimpan ke galeri bukan begitu? namun mungkin kalian mengalami kendala yang mana ketika sudah melakukan screenshot malahan tidak tersimpan ke galeri, alih-alih banyak melakukan screenshot malahan ketika dicek tidak ada di galeri hp, lantas kenapa hp saya tidak bisa menyimpan screenshot?

kenapa hp saya tidak bisa menyimpan screenshot

Screenshot menjadi salah satu fitur yang sangat berguna pada perangkat mobile, termasuk smartphone. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam gambar layar perangkat, yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti dokumentasi, berbagi informasi, atau bahkan hanya untuk menyimpan momen tertentu.

Tidak dapatnya menyimpan screenshot pada hp dapat menjadi masalah yang mengganggu dan merugikan. Pengguna seringkali mengalami kendala ini tanpa memahami penyebabnya.

Ini wajar terutama untuk kalian yang mungkin baru mengalami masalah ini, ya memang karena masalah ini cukup jarang terjadi sih ya jadi wajar jika kalian bingung apa hal yang menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa faktor yang dapat menyebabkan hp tidak bisa menyimpan screenshot dan memberikan solusi yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenapa Hp Saya Tidak Bisa Menyimpan Screenshot

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menjadi kendala dalam menyimpan screenshot di hp:

Kapasitas Penyimpanan Penuh

Salah satu penyebab masalah kenapa hp saya tidak bisa menyimpan screenshot adalah kapasitas penyimpanan hp yang sudah penuh.

Ketika ruang penyimpanan hampir habis, perangkat mungkin kesulitan menyimpan file baru, termasuk screenshot. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa kapasitas penyimpanan dan menghapus file yang tidak diperlukan.

Perhatikan di bilah notifikasi ada notif penyimpanan penuh atau tidak? jika ada maka berarti benar ini penyebabnya namun kalau tidak ya berarti salah.

Permasalahan pada Sistem Operasi

Masalah pada sistem operasi hp juga dapat mempengaruhi kemampuan perangkat untuk menyimpan screenshot. Kadang-kadang, bug atau kesalahan dalam pembaruan sistem operasi dapat mengganggu fungsi ini.

Seringkali sih hanya error sementara karena faktor tertentu. Memastikan sistem operasi perangkat selalu terupdate adalah langkah yang dianjurkan untuk mengatasi masalah ini.

Simak juga: Cara Mengaktifkan Jendela Mengambang Di Hp Xiaomi Semua Tipe

Aplikasi Pihak Ketiga yang Mengganggu

Penggunaan aplikasi pihak ketiga, terutama yang terkait dengan pengelolaan file atau layar, dapat menyebabkan crash dan menjadi penyebab kenapa hp saya tidak bisa menyimpan screenshot. Menonaktifkan atau menghapus aplikasi yang mencurigakan dapat membantu mengatasi masalah ini.

Tidak Ada Izin untuk Menyimpan Screenshot

Nah yang terakhir kenapa hp saya tidak bisa menyimpan screenshot adalah karena faktor izin. Beberapa hp menerapkan kebijakan keamanan yang ketat terkait dengan pengambilan screenshot.

Memastikan bahwa izin untuk menyimpan screenshot telah diaktifkan pada perangkat dapat menjadi solusi sederhana. Pengguna dapat memeriksa dan mengelola izin ini melalui pengaturan keamanan perangkat.

Simak juga: Aplikasi Ini Tidak Mengizinkan Mengambil Screenshot Ini 5 Penyebab dan Solusinya

Solusi Mengatasi Hp Saya Tidak Bisa Menyimpan Screenshot

Mengelola Kapasitas Penyimpanan

Pertama-tama, periksa kapasitas penyimpanan hp kalian. Jika ruang penyimpanan hampir penuh, hapus file yang tidak diperlukan atau pindahkan foto dan video ke penyimpanan eksternal. Pastikan selalu ada ruang yang cukup untuk menyimpan screenshot baru.

Perhatikan juga ada notif penyimpanan penuh atau tidak? jika iya maka wajib dibersihkan namun kalau tidak ada notif maka tidak perlu sih dihapus karena ruang penyimpanan masih ada dan cukup.

Menonaktifkan Aplikasi Pihak Ketiga yang Mencurigakan

Jika kalian baru-baru ini menginstal aplikasi pihak ketiga yang terkait dengan pengelolaan file atau layar, coba nonaktifkan atau hapus aplikasi tersebut terutama jika habis intsall ko langsung terkena masalah ini. Beberapa aplikasi dapat menyebabkan crash dan menghambat kemampuan perangkat untuk menyimpan screenshot.

Merestart Perangkat

Lalu terkadang merestart perangkat dapat membantu mengatasi masalah sementara, termasuk kendala dalam menyimpan screenshot. Matikan perangkat sejenak, lalu nyalakan kembali setelah beberapa detik.

Berikut caranya:

  • Tekan dan tahan tombol power.
  • Kemudian setelah itu silahkan pilih opsi mulai ulang.
  • Tunggu sampai hp menyala otomatis dan coba lagi screenshot.

Simak juga: Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul Di Layar Utama Di Semua Tipe Hp

Mengelola Izin untuk Screenshot

Kemudian solusi mengatasinya yang bisa kalian coba adalah dengan pastikan izin untuk mengambil screenshot telah diaktifkan pada perangkat. Buka pengaturan keamanan perangkat dan periksa apakah ada opsi untuk mengelola izin pengambilan screenshot. Aktifkan opsi ini jika belum diaktifkan.

Terutama untuk pengguna oppo dan realme biasanya ada izin screenshot terlebih jika menggunakan kartu SD untuk menyimpan hasil screenshot tersebut.

Berikut caranya:

  • Buka pengaturan hp masing-masing.
  • Kemudian setelah itu silahkan kalian pilih menu Penyimpanan.
  • Lanjut pilih opsi Kartu SD.
  • Nah terakhir gulir ke paling bawah dan aktifkan opsi cuplikan layar.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Screenshot

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga khusus untuk mengambil screenshot.

Beberapa aplikasi ini dapat memberikan fungsionalitas yang lebih baik dan dapat membantu mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada aplikasi bawaan perangkat.

Banyak ko aplikasi di play store yang menyediakan fitur screenshot tinggal pilih saja mana aplikasi yang sesuai dengan kalian itu saja.

Simak juga: Arti Shadow Hp Beserta Penjelasan, Faktor Penyebab dan Solusinya

Demikian informasi mengenai kenapa hp saya tidak bisa menyimpan screenshot beserta berbagai penyebab dan solusi mengatasinya, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar