Apakah Tempered Glass Bisa Merusak Layar ? Begini Penjelasanya Yang Tepat

Apakah tempered glass bisa merusak layar? nah sebagian dari kalian mungkin mengira bahwa tempered glass tentu digunakan untuk melindungi layar hp bukan begitu? namun sebagian pengguna ada yang berpendapat bahwa tempered glass bisa merusak layar, namun apakah hal tersebut benar?

apakah tempered glass bisa merusak layar

Pada dasarnya, tempered glass dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap layar smartphone. Namun, pertanyaan muncul seputar potensi dampak negatif dari penggunaan tempered glass itu sendiri.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami bahwa tempered glass adalah jenis pelindung layar yang terbuat dari kaca yang telah mengalami proses pemanasan dan pendinginan cepat.

Proses ini memberikan kekuatan ekstra pada kaca, membuatnya lebih tahan terhadap benturan dan goresan dibandingkan dengan kaca biasa.

Dengan popularitasnya, banyak pengguna menganggap tempered glass sebagai solusi andal untuk melindungi investasi mahal mereka, yaitu smartphone.

Namun, seperti halnya produk lain, kualitas tempered glass dapat bervariasi, dan pemilihan yang tidak tepat dapat menyebabkan potensi risiko terhadap layar perangkat bukan malah melindungi

Nah pada artikel berikut ini kita akan membahas secara mendalam apakah penggunaan tempered glass dapat memberikan risiko kerusakan pada layar perangkat.

Apakah Tempered Glass Bisa Merusak Layar

Tempered glass pada dasarnya dirancang untuk melindungi layar dari goresan, benturan, dan kerusakan fisik ringan tentu kalian juga tahu. Namun memang meski begitu ada beberapa kondisi di mana tempered glass juga dapat menyebabkan kerusakan pada layar. Berikut adalah beberapa situasi di mana hal itu mungkin terjadi:

Pemasangan yang Tidak Tepat

Jika tempered glass dipasang dengan tidak benar, misalnya dengan adanya gelembung udara atau debu di bawahnya, hal ini dapat menyebabkan gesekan yang dapat merusak layar saat penggunaan sehari-hari.

Adanya Benda Asing di Antara Layar dan Tempered Glass

Terkadang, partikel kecil atau debu dapat masuk di antara layar dan tempered glass. Saat perangkat digunakan, partikel ini dapat menyebabkan gesekan dan menimbulkan goresan pada layar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bulat Putih Di Layar Hp Oppo Semua Tipe

Ketidakcocokan dengan Casing

Beberapa tempered glass mungkin tidak cocok dengan casing tertentu. Jika tempered glass terlalu tebal atau tidak sesuai dengan bentuk casing, hal ini dapat menciptakan tekanan yang berpotensi merusak layar.

Ketahanan Terhadap Benturan Terbatas

Meskipun tempered glass memiliki ketahanan terhadap benturan yang baik, itu tidak sepenuhnya tahan terhadap semua jenis benturan. Benturan yang sangat keras atau pada sudut yang tidak diinginkan dapat menyebabkan kerusakan pada layar.

Jadi sampai disini sudah paham ya apakah tempered glass bisa merusak layar? jawabanya sebenarnya tidak, tapi memang ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan seperti yang saya jelaskan diatas.

Nah penting untuk memasang tempered glass dengan benar dan memastikan kompatibilitasnya dengan casing yang digunakan. Selain itu, menjaga kebersihan antara layar dan tempered glass juga dapat membantu menghindari masalah yang mungkin timbul.

Baca juga: Layar Hp Pecah Apakah Bisa Diganti Begini Penjelasanya Menurut Teknisi Ahli

Tips Cara Menghindari Potensi Kerusakan dan Tempered Glass

Pemilihan Tempered Glass Berkualitas

Sebelum membeli tempered glass, pastikan untuk memilih produk yang memiliki kualitas baik. Faktor seperti ketebalan, ketahanan terhadap benturan, dan perlapisan khusus dapat menjadi pertimbangan penting. Membeli dari produsen terpercaya atau merek yang dikenal dapat memberikan kepastian mengenai kualitas produk.

Pemasangan yang Benar

Langkah berikutnya dalam menghindari potensi kerusakan adalah pemasangan tempered glass dengan benar. Bersihkan layar perangkat secara menyeluruh dari debu dan sidik jari sebelum pemasangan.

Pastikan bahwa tempered glass dipasang secara rata tanpa adanya gelembung udara di bawahnya. Pemasangan yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko ketidakcocokan dan mengurangi efektivitas pelindungan.

Baca juga: Kenapa Setelah Ganti LCD Warna Layar Berubah Ini Penjelasanya

Perawatan dan Penggantian Secara Berkala

Sekalipun tempered glass memiliki daya tahan yang baik, tidak ada pelindung layar yang abadi. Perawatan yang baik melibatkan pembersihan berkala untuk menghindari kumpulan debu dan kotoran di sekitar tepi tempered glass.

Penggantian secara berkala juga disarankan, terutama jika tempered glass mengalami goresan atau retak yang dapat mengurangi efektivitas pelindungan.

Demikian informasi mengenai apakah tempered glass bisa merusak layar beserta penjelasanya yang perlu kalian ketahui, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar