Jika IMEI iPhone Terblokir Apakah Masih Bisa Digunakan Begini Penjelasan yang Tepat!

Jika IMEI iPhone terblokir apakah masih bisa digunakan? Nah sebagian dari kalian mungkin tengah penasaran dimana ketika IMEI iPhone itu terblokir sebenarnya hp tersebut masih bisa digunakan atau tidak sih kan banyak tuh rumor yang kadang kurang tepat ada yang berbicara tidak dan ada yang masih.

jika imei iphone terblokir apakah masih bisa digunakan

Seperti yang kalian ketahui bahwa sekarang ini semua pengguna hp wajib memiliki IMEI yang sudah terdaftar karena jika tidak maka akan terblokir.

Tentu bagi kalian yang menggunakan hp resmi atau membelinya secara normal di konter misalnya maka tidak perlu khawatir rata-rata pasti sudah terdaftar.

Namun bagi pengguna yang membelinya tidak secara resmi dan IMEI tidak terdaftar atau tidak ada sama sekali maka patut diperhatikan.

Nah bagi kalian yang tengah penasaran pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai IMEI iPhone terblokir apakah masih bisa digunakan.

Jika IMEI iPhone Terblokir Apakah Masih Bisa Digunakan

Pertanyaan ini mungkin telah muncul di benak kalian ketika mendengar bahwa IMEI iPhone kalian terblokir. Apakah perangkat masih dapat digunakan? Apa konsekuensinya terhadap penggunaan sehari-hari? Inilah pertanyaan yang akan kita jawab dalam artikel ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari pahami apa itu IMEI dan mengapa ini begitu penting pada iPhone. IMEI adalah nomor unik yang diberikan pada setiap perangkat mobile, termasuk iPhone, untuk mengidentifikasi dan melacak perangkat tersebut.

Ini tidak hanya menjadi cara untuk membedakan satu perangkat dari yang lain, tetapi juga digunakan oleh penyedia layanan untuk melacak perangkat yang hilang misalnya.

Selain itu IMEI juga berfungsi sebagai sarana menggunakan jaringan seluler dimana sekarang ini jika IMEI tidak terdaftar maka pihak operator akan memblokir untuk menggunakan providernya sehingga mau kau pakai provider apapun tetap tidak bisa.

Jadi setiap iPhone ataupun hp yang lain dimana nomor IMEI tidak terdaftar di kemenperin maka pasti akan terblokir. Namun yang jadi pertanyaan jika imei iphone terblokir apakah masih bisa digunakan?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut adalah beberapa hal yang terjadi ketika IMEI iPhone terblokir:

Hp Tidak Muncul Sinyal

Yang pertama ketika IMEI iPhone sudah terblokir maka iPhone tersebut tidak akan akan muncul sinyal ketika menggunakan berbagai operator. Semua operator tidak dapat kalian gunakan, dan di indikator sinyal iPhone muncul tulisan tidak ada layanan sama sekali.

Baca juga: Apakah iPhone Bisa Pakai Kartu Telkomsel Begini Penjelasan dan Solusi Jika Tidak Bisa

Tidak Bisa SMS dan Telepon

Kemudian ketika IMEI iPhone terblokir adalah kalian tidak akan bisa menggunakan hp tersebut untuk SMS dan telepon seluler. Tentu lah ketika tidak bisa memakai kartu SIM otomatis tidak bisa dipakai untuk telepon dan SMS, karena syarat telepon dan SMS adalah memakai kartu SIM.

Jaringan Internet Terbatas

Lalu ketika IMEI iPhone terblokir lainya adalah kalian ketika mengakses internet itu terbatas hanya bisa menggunakan wifi saja selain itu tidak bisa.

Jadi kalian tetap bisa mengakses semua yang berkaitan dengan internet namun hanya memakai wifi saja, misal youtube, instagram, facebook dan lain sebagainya.

Nah kesimpulanya jika IMEI iPhone terblokir apakah masih bisa digunakan? tentu masih bisa digunakan seperti biasa hanya saja tidak bisa menggunakan kartu SIM operator seluler itu saja sih, jadi dalam hal ini untuk mengakses internet kalian hanya bisa menggunakan wifi.

Baca juga: Apakah Tombol On Off Bisa Diganti Ini Penjelasanya dan Beragam Penyebabnya

Cara Cek Status IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak

Nah ketika kalian menggunakan iPhone dan memunculkan beberapa tanda seperti diatas maka wajib curiga dan musti memastikan apakah sebenarnya IMEI-nya terdaftar atau tidak.

Dalam hal ini para pengguna bisa mengeceknya akana IMEI yang digunakan terdaftar atau tidak melalui web bea cukai, untuk di web kemenperin setahu saya sekarang tidak ada atau musti login dulu yang ada di web bea cukai.

Berikut caranya:

  • Buka browser di iPhone kalian.
  • Lanjut tulis di kolom pencarian Cek IMEI.
  • Pilih web cek IMEI Bea Cukai.
  • Nah tulis IMEI iPhone kalian di kolom yang tersedia disitu.
  • Pilih cari dan jika memang terdaftar maka akan tertera disitu.

Baca juga: Mengatasi eMMC Rusak Tanpa Ganti Apakah Bisa? Ini Penjelasanya

Demikian informasi mengenai jika IMEI iPhone terblokir apakah masih bisa digunakan beserta penjelasanya dan bagaimana memastikanya, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar