Inilah Kenapa Followers IG Berkurang Drastis 7 Penyebab dan Solusinya

Umumnya ketika followers turun tentunya tidak terlalu signifikan bukan paling ya satu dua pengguna, namun beberapa diantara dari pengguna mengalami masalah yang mana followers ig bisa berkurang drastis. Tentu ini sangat membingungkan, lantas kenapa followers ig berkurang drastis begitu apa yang menyebabkanya?

kenapa followers ig berkurang drastis

Dalam era digital ini, ig telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Miliaran orang menggunakan Instagram untuk berbagi momen-momen penting dalam hidup mereka, terhubung dengan teman-teman, dan bahkan membangun bisnis.

Salah satu metrik yang sering dijadikan tolak ukur kesuksesan di ig adalah jumlah followers. Namun, tidak jarang pengguna mengalami fenomena yang cukup mengejutkan, yaitu penurunan drastis dalam jumlah followers mereka.

Pertanyaannya pun muncul, mengapa ini terjadi? Sejumlah faktor dapat menjadi penyebab dari penurunan followers ig yang signifikan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang berbagai alasan yang mungkin menjadi pemicu penurunan jumlah followers secara tiba-tiba dan bagaimana pengguna dapat mengatasi serta mencegahnya.

Kenapa Followers IG Berkurang Drastis

Nah terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, berikut diantaranya:

Perubahan Algoritma IG

Instagram, sebagai platform media sosial yang terus berkembang, tidak luput dari perubahan algoritma yang dapat berdampak langsung pada pengguna. Salah satu faktor yang sering menjadi penyebab kenapa followers ig berkurang drastis adalah perubahan algoritma ig.

Algoritma ig berperan penting dalam menentukan bagaimana konten diperlihatkan kepada pengguna. Ketika terjadi perubahan algoritma, bisa jadi konten yang sebelumnya mudah ditemukan oleh followers sekarang tidak lagi mendapatkan eksposur yang sama.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan jumlah interaksi, seperti like dan komentar, yang pada gilirannya dapat berujung pada kehilangan followers.

Konten Tidak Menarik

Ketika membahas penurunan drastis jumlah followers di ig, salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas konten yang diunggah oleh pengguna. Konten yang tidak menarik dapat menjadi pemicu utama pengikut kehilangan minat dan memilih untuk berhenti mengikuti akun tersebut.

Instagram adalah platform visual, dan pengguna cenderung tertarik pada konten yang menarik perhatian mereka. Perubahan selera dan tren dapat membuat konten yang sebelumnya sukses menjadi ketinggalan zaman, menyebabkan pengikut kehilangan minat pada akun.

Jika pengguna tidak terus berinovasi dan menyajikan konten yang relevan dengan minat dan kebutuhan followers, maka kemungkinan besar, followers akan mencari konten yang lebih menarik dan beralih ke akun lain yang dapat memenuhi ekspektasi pengguna.

Baca juga: Ternyata Ini! Kenapa Kamera Instagram Terlalu Dekat Penyebab dan Solusinya

Penggunaan Hashtag yang Tidak Tepat

Dalam menjalankan strategi pemasaran di ig, penggunaan hashtag menjadi salah satu elemen kunci untuk meningkatkan visibilitas konten. Namun, penggunaan hashtag yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab kenapa followers ig berkurang drastis.

Hashtag berperan sebagai alat yang efektif untuk mengategorikan dan meningkatkan jangkauan konten di ig. Dengan menambahkan hashtag yang relevan, pengguna dapat membuat kontennya lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang tertarik dengan topik atau tema tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan hashtag bukan sekadar tentang jumlah, tetapi lebih pada kualitas dan relevansi. Terlalu banyak atau kurangnya hashtag, serta pemilihan hashtag yang tidak sesuai dengan konten, dapat berdampak negatif pada pertumbuhan followers.

Frekuensi Posting yang Tidak Konsisten

Salah satu aspek penting dalam membangun dan mempertahankan kehadiran yang kuat di ig adalah konsistensi dalam frekuensi posting. Ketidak konsistenan dalam membagikan konten dapat menjadi salah satu penyebab utama kenapa followers ig berkurang drastis.

Frekuensi posting yang konsisten memberikan kesan bahwa akun ig aktif dan terlibat secara reguler dengan audience. Followers yang setia mengharapkan konten yang teratur, dan ketidak konsistenan dapat membuat mereka merasa kecewa atau kehilangan minat.

Konsistensi juga memainkan peran penting dalam algoritma ig. Platform ini cenderung memberikan prioritas pada akun yang secara teratur membagikan konten baru. Jika akun tidak memenuhi ekspektasi algoritma ini, kemungkinan besar konten mereka akan muncul kurang di feed followers.

Baca juga: Inilah 2 Cara Melihat Story IG Orang Yang Memblokir Kita Mudah

Kurangnya Interaksi dengan Followers

Interaksi merupakan fondasi utama dalam membangun komunitas yang sehat di ig. Ketika seorang pengguna mengabaikan atau kurang berinteraksi dengan followers, ini dapat menjadi pemicu penurunan drastis jumlah pengikut.

Interaksi merupakan cara terbaik untuk membangun ikatan dan koneksi dengan audience. Followers yang merasa diakui dan terlibat akan cenderung lebih setia dan aktif dalam memperluas dampak suatu akun di platform.

Aktivitas interaksi seperti memberikan like, menanggapi komentar, dan berkomunikasi melalui direct message (DM) memberikan pengikut rasa keterlibatan yang sangat dihargai. Hal ini menciptakan lingkungan di mana followers merasa diperhatikan dan dihargai.

Melakukan Pembelian Followers IG

Nah faktor lain kenapa followers ig berkurang drastis adalah karena kalian melakukan pembelian followers untuk meningkatkan jumlah pengikut.

Perlu kalian ketahui bahwa ini merupakan faktor yang sering banget terjadi, followers hasil beli itu tidka murni biasanya itu akun boot bukan akun asli.

Jadi selang misal beberapa hari setelah melakukan beli followers, followers akan turun secara drastis ataupun secara perlahan karena memang yang follow bukan akun ori asli.

Baca juga: Simak! Perbedaan Tutup Akun dan Diblokir IG Beserta Penjelasanya Wajib Tahu

Konten yang Tidak Sesuai dengan Audience

Pentingnya menyajikan konten yang sesuai dengan audience tidak dapat diabaikan dalam membangun kehadiran yang kuat di ig. Ketika konten tidak relevan dengan minat dan kebutuhan followers, ini bisa menjadi faktor utama penyebab kenapa followers ig berkurang drastis.

Satu langkah kunci dalam menciptakan konten yang sesuai adalah memahami siapa sebenarnya audience kalian. Mengetahui karakteristik demografis, minat, dan preferensi pengikut dapat membantu kalian menyajikan konten yang lebih relevan dan menarik.

Ketidaksesuaian dapat terjadi jika akun tidak secara aktif mengumpulkan umpan balik dari pengikut atau tidak melakukan riset pasar yang cukup untuk memahami perubahan dalam preferensi audience.

Demikian informasi tentang kenapa followers ig berkurang drastis beserta berbagai faktor penyebab dan solusi untuk mengatasinya yang bisa diterapkan, semoga bisa bermanfaat terima kasih.

Tinggalkan komentar