Berapa Lama Baterai Kembung Bertahan Begini Penjelasan dan Tips Mengatasinya

Baterai hp kembung atau mengglembung merupakan salah satu masalah yang kerap kali terjadi, namun yang jadi pertanyaan adalah ketika baterai sudah kembung sebenarnya berapa lama baterai kembung bertahan? ini wajar karena cukup banyak pengguna yang mengalami baterai kembung namun belum mau menggantinya karena berbagai faktor.

berapa lama baterai kembung bertahan

Baterai menjadi komponen kunci dalam perangkat seluler, memastikan kelancaran penggunaan sehari-hari. Namun, tidak jarang kita menghadapi masalah kembung pada baterai hp yang dapat menjadi sumber berbagai masalah.

Dalam penggunaan sehari-hari, baterai hp dapat mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah kembung. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi kinerja perangkat, tetapi juga menimbulkan risiko potensial bagi pengguna.

Oleh karena itu, penting untuk memahami sejauh mana baterai yang mengalami kembung dapat bertahan sebelum mengambil langkah-langkah perbaikan.

Masa bertahan baterai yang mengalami kembung menjadi fokus utama karena dapat memberikan indikasi sejauh mana perangkat dapat digunakan sebelum memerlukan perbaikan atau penggantian baterai.

Pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi masa bertahan ini dapat membantu pengguna untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan meminimalkan risiko kerusakan lebih lanjut.

Pada aritkel beriku ini, kita akan membahas faktor-faktor penyebab kembungnya baterai hp, dampaknya terhadap kinerja perangkat, dan berapa lama baterai yang mengalami kembung dapat bertahan.

Penyebab Kembungnya Baterai Hp

Proses pengisian daya yang tidak sesuai

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan kembungnya baterai hp adalah proses pengisian daya yang tidak sesuai. Penggunaan charger yang tidak asli atau tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat dapat meningkatkan risiko kembung. Pada beberapa kasus, overcharging atau pengisian daya berlebihan juga dapat menjadi penyebab utama.

Untuk menghindari masalah ini, penting bagi pengguna untuk selalu menggunakan charger resmi yang direkomendasikan oleh produsen. Hindari pengisian daya semalam penuh, dan pastikan charger dan kabel yang digunakan sesuai dengan standar perangkat.

Penggunaan charger dan baterai yang tidak asli

Penggunaan charger atau baterai yang tidak asli atau tidak berkualitas dapat menyebabkan kembungnya baterai. Charger KW seringkali tidak memenuhi standar keamanan dan dapat memberikan tegangan yang tidak stabil selama pengisian daya, yang dapat merusak baterai.

Sebagai langkah pencegahan, disarankan untuk selalu menggunakan aksesori resmi dari produsen. Hindari penggunaan charger yang tidak diketahui atau murahan yang dapat merugikan integritas baterai perangkat kalian.

Baca juga: Baterai Hp Normal Tahan Berapa Jam Ini Penjelasanya

Berapa Lama Baterai Kembung Bertahan

Berapa lama baterai yang kembung bisa bertahan sangat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, seperti tingkat keparahan pembengkakan, kapasitas baterai asli, dan seberapa sering kalian masih dapat menggunakannya.

Pada tingkat awal, perangkat mungkin masih berfungsi dengan relatif normal, meskipun ada penurunan performa yang dapat dirasakan oleh pengguna. Namun, semakin parah kembungnya, semakin cepat masa bertahan baterai dapat menurun.

Pembengkakan pada baterai biasanya terjadi karena produksi gas di dalamnya, yang dapat menyebabkan baterai menggembung. Jika baterai telah mengalami pembengkakan, sebaiknya segera ganti baterai tersebut untuk mencegah risiko kebakaran atau kerusakan lebih lanjut.

Penting untuk diingat bahwa baterai yang mengalami kembung tidak dapat dianggap stabil, dan penggunaan terus-menerus dapat meningkatkan risiko kerusakan lebih lanjut. Seiring waktu, perangkat dapat menjadi tidak dapat diandalkan atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Jadi sampai disini sudah paham ya berapa lama baterai kembung bertahan? ketika baterai sudah mengalami hal tersebut maka tindakan perbaikan perlu segera dilakukan.

Baca juga: Resiko Ganti Baterai Tanam Simak Sebelum Melakukanya Penting

Solusi Mengatasi Baterai Kembung

Baterai hp yang mengalami kembung dapat menimbulkan risiko serius, baik terhadap perangkat itu sendiri maupun pengguna. Untuk mengatasi masalah ini dengan efektif, langkah-langkah tertentu perlu diambil, berikut solusi yang bisa diterapkan:

Lakukan Pemeriksaan

Langkah pertama yang perlu diambil ketika menghadapi baterai kembung adalah melakukan pemeriksaan awal. Pengguna dapat memeriksa apakah perangkat memiliki gejala fisik kembung atau tanda-tanda performa yang menurun. Selain itu, melalui pengaturan perangkat, pengguna dapat memeriksa informasi tentang kesehatan baterai.

Jika terdapat tanda-tanda kembung atau penurunan kesehatan baterai, segera hentikan penggunaan perangkat dan lakukan langkah-langkah berikutnya untuk mengatasi masalah.

Baca juga: Bolehkah Ngecas Hp Saat Baterai Masih Banyak Simak Penjelasanya Lengkap

Penggantian baterai yang kembung

Langkah krusial dalam mengatasi baterai kembung adalah dengan melakukan penggantian baterai. Pengguna disarankan untuk tidak mencoba membuka atau memperbaiki baterai sendiri karena dapat menyebabkan risiko. Sebagai gantinya, bawa perangkat ke pusat layanan resmi atau teknisi yang terpercaya untuk melakukan penggantian baterai dengan aman.

Penggantian baterai yang dilakukan oleh profesional dapat memastikan penggunaan baterai yang aman dan sesuai dengan standar perangkat, mengembalikan kinerja perangkat seperti semula.

Karena ketika baterai sudah kembung atau mengglembung maka sudah pasti tidak bisa diperbaiki, solusi satu-satunya hanya dengan mengganti baterai tersebut.

Demikian informasi tentang berapa lama baterai kembung bertahan beserta penjelasanya lengkap dan juga tips mengatasinya, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar